Sunday, February 12, 2012

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Layaknya produk teknologi lainnya, sebelum seperti sekarang, komputer pun mengalami sejumlah tahap perkembangan, yaitu: (1) cikal bakal lahirnya komputer; (2) komputer generasi pertama; (3) komputer generasi kedua; (4) komputer generasi ketiga; dan (5) komputer generasi keempat. Berikut ini selintas cerita mengenai sejarah komputer dan perkembangannya

1. Sejarah Komputer dan Perkembanngannya - Cikal Bakal Komputer

Pernahkah Anda mendengar nama Charles Babbage? (1791-1871) Dia adalah seorang ahli matematika dari Inggris yang dikenal sebagai Bapak Komputer. Profesor Babage merupakan orang pertama yang memperkenalkan prinsip-prinsip awal dari komputer digital yang bisa diprogram. Bisa dikatakan bahwa dia lah tokoh dibalik cerita sejarah komputer dan perkembangannya.
Cerita sejarah komputer dan perkembangannya pun dimulai. Pada awalnya, Babbage membuat sebuah mesin penyimpan program yang mampu melakukan penghitungan serta mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin yang digerakkan oleh tenaga uap ini disebut difference engine atau mesin diferensial.

Beberapa tahun kemudian, Babbage berhasil merancang mesin yang lebih canggih yang disebut mesin Analitik. Inilah rancangan komputer general-purpose pertama di dunia. Mesin ini memiliki sekitar 50.000 komponen. Adapun desain dasarnya menggunakan kartu-kartu berlubang (perforasi) yang berisi instruksi-instruksi operasional. Mesin inilah yang mengawali cerita sejarah komputer dan perkembangannya.
Berawal dari penemuan mesin yang digunakan hanya untuk menghitung, sejarah komputer dan perkembangannya pun terus berkembang. Penemuan Babbage telah menginspirasi beberapa ilmuawan lain, salah satunya adalah Herman Hollerith.
Herman Hollerith (1860-1929) terinspirasi untuk mengembangkan peralatan sejenis. Pada 1889, ia menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan pada mesin analitik yang dibuatnya. Selain efektif dan cepat dalam melakukan perhitungan, kartu perforasi ini dapat digunakan sebagai media penyimpanan data.


2. Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Cerita mengenai sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut. Kali ini komputer modern generasi pertama mulai dikembangkan pada masa berlangsungnya Perang Dunia ke-2 (1939-45). Komputer ini dirancang dengan menggunakan tabung vakum (tabung hampa udara) yang biasa digunakan untuk menguatkan sinyal listrik
Tampilan fisik komputer generasi pertama ini sangat besar, ukurannya bisa sebesar rumah dan harganya bisa semahal kapal perang.Sistem komputansi yang dijalankannya pun tidak secepat dan seefektif komputer yang ada sekarang. Komputer dengan mainframe yang lebih kuat mulai dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an. Akan tetapi, penggunaannya masih membutuhkan ruangan besar dan energilistrik yang besar.


3. Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Pada era ini, sejarah komputer dan perkembangannya mulai menemukan titik terang. Penemuan transistor komponen elektronik yang berfungsi sebagai penguat, pemotong, dan pembagi arus listrik pada 1948, telah membawa perubahan drastis pada perkembangan  teknologi komputer. Ukuran transistor yang relatif kecil, yaitu hanya sebesar biji kacang telah menjadikan perangkat elektronik yang menggunakannya menjadi lebih kecil pula.
Itulah mengapa, komputer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi. Stretch dan IBM 1401 adalah contoh komputer generasi kedua yang telah menggunakan transistor.


4. Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Perjalanan cerita sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut. Kali ini penemuan berlanjut pada tahun 1958. Jack Kilby, berhasil mengatasi kelemahan sistem transistor dengan mengembangkan sirkuit terpadu (integrated circuit : IC). Sirkuit terpadu ini mampu mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah kepingan silikon kecil yang terbuat dari kuarsa. Penggunaan IC kemudian menjadi landasan bagi digunakannya sistem operasi(operating system).
Cara ini telah memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengendalikan komputer. Komputer generasi ketiga pun memiliki kecepatan lebih tinggi, kapasitas memori lebih besar, lebih hemat listrik, dan harganya lebih murah dibandingkan komputer generasi kedua. Sejarah komputer dan perkembangannya serasa berjalan begitu cepat di tahun ini.


5. Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Keempat (1970-sekarang)

Komputer generasi keempat ukurannya menjadi semakin kecil. Hal ini disebabkan karena seluruh komponen komputer bisa diletakkan dalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada era ini, penggunaan komputer semakin marak. Bagaimana pun keadaannya, cerita mengenai sejarah komputer dan perkembangannya ikut serta dalam perjalanan komputer hingga sekarang ini.
Pada awal tahun 1970-an, terjadi dua peristiwa penting bagi pengembangan sistem komputansi, yaitu penggunaan LSI (Large Scale Integration) berupa pemadatan beribu-ribu sirkuit terpadu (IC) menjadi satu chip.
LSI kemudian dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) sehingga ratusan ribu IC dapat dipadatkan dalam satu chip. Setelah itu, digunakan Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang mampu menggandakan jumlah sirkuit menjadi jutaan.
Sebagai contoh, Chip Intel 4004 buatan tahun 1971 mampu memuat seluruh komponen dari sebuah komputer CPU, memori, dan kendali input/output).
Rangkaian penemuan yang ikut meramaikan cerita sejarah komputer dan perkembangannya ini telah mampu meningkatkan daya kerja, efisiensi, kehandalan, sekaligus menjadikan ukuran komputer semakin kecil. Kita pun bisa mengenal PC (personal computer), laptop, PDA, dan sejenisnya.
Seiring pengembangan riset-riset dalam teknologi komputer, bukan tidak mungkin generasi kelima teknologi komputer akan segera datang. Komputer generasi ini diprediksi mampu menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer, termasuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Sejarah komputer dan perkembangannya merupakan cerita sejarah yang panjang dari penemuan sebuah media besar. Sebuah benda yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas.   

Sumber : www.anneahira.com

No comments:

Post a Comment